Tips Menjaga Kulit Anda saat Puasa

Pada saat puasa, biasanya kulit akan lebih kusam dan kering karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Agar tidak dehidrasi, saat menjalankan ibadah puasa kulit juga harus dirawat secara khusus agar tetap cerah.

“The world is going through a period of crisis, but whether we look at it as a crisis or as an opportunity to reshape our thinking, depends on us. So use this period as a lesson on how to live life with a concern for all of humankind.”

– Abhijit Naskar

Agar kulit tetap cerah, berikut tips menjaga kulit kering tetap cerah saat puasa :

Mengkonsumsi Air

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit dehidrasi, karena kurangnya asupan cairan pada tubuh pada saat bulan puasa. Tips menjaga kulit tetap cerah saat puasa adalah mengonsumsi air putih. Minumlah 4 gelas saat sahur, dan 4 gelas pada saat buka puasa, agar asupan cairan terpenuhi. Jangan meminum minuman berkarbonasi, apalagi yang mengandung banyak gula atau minuman beralkohol, seperti minuman bersoda. Kurangi juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi, terlebih bisa mengakibatkan penuaan dini.

Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menjaga kulit tetap cerah saat puas adalah mengonsumsi makanan kaya akan serat. Mengonsumsi makanan kaya serat, bisa membantu kulit menjadi sehat. Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan atau sayur-sayuran.

Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Menggunakan pelembap dan tabir surya, bisa membantu mencerahkan kulit, pada saat bulan puasa. Pelembap bisa membantu menghidrasi kulit, selama tubuh tidak mengonsumsi cairan, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Gunakan secara rutin pada pagi, siang dan malam hari. Selain itu walaupun di rumah saja, gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 15, agar terhindar dari paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah.

Mencuci Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur, bisa membantu menghilangkan kotoran, dan mencegah bakteri serta menjaga kesehatan kulit. Cucilah wajah pada bangun tidur, setelah menggunakan kosmetik, dan malam hari setelah tidur. Gunakan pencuci wajah yang cocok dengan kondisi kulit, jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol, atau yang mengandung detergen.

Rajin Menggunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan kulit akan terasa lebih halus, serta membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Masker berperan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu meregenerasi kulit, dan juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Masker bisa digunakan setiap seminggu 2 kali, atau sesuai dengan kebutuhan kulit.

P
Stay Safe Everyone!
P
Beautify Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *