Manfaat Vitamin D Untuk Kulit

Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang paling penting untuk fungsi biologis. Kulit adalah cadangan alami penting untuk memproduksi vitamin D yang dipicu oleh sinar UV ke dalam sintesis. Kurangnya paparan sinar matahari dan pola makan yang buruk adalah 2 alasan paling umum mengapa kamu kekurangan vitamin D.

Kemampuan seseorang memproduksi vitamin D juga tergantung pada warna kulit, jenis kelamin, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, asupan alkohol, dan polimorfisme reseptor vitamin D itu sendiri. Makanan seperti susu, salmon, telur, dan jamur adalah sumber vitamin D yang bisa kamu konsumsi.

“The world is going through a period of crisis, but whether we look at it as a crisis or as an opportunity to reshape our thinking, depends on us. So use this period as a lesson on how to live life with a concern for all of humankind.”

– Abhijit Naskar

Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang buruk, peningkatan peradangan, dan penurunan sensitivitas insulin yang berdampak buruk pada kulit. Peningkatan peradangan dapat memperburuk kondisi seperti jerawat, eksim, dan rosacea. Sedangkan sensitivitas insulin dikaitkan dengan diabetes. Manfaat Vitamin D antara lain sebagai berikut:

Melindungi Kulit

Vitamin D juga berfungsi sebagai steroid, bekerja di dalam inti sel untuk merangsang proliferasi, mengatur fungsi, dan menstabilkan gen.

Menormalkan Pergantian Sel

Vitamin D dapat menormalkan pergantian sel dan mencegah penumpukan sel-sel mati pada permukaan kulit yang mengarah pada plak psoriasis.

Mengurangi Peradangan

Vitamin D pada kulit berfungsi sebagai anti inflamasi ringan hingga sedang. Vitamin D dalam bentuk krim dapat mengatasi beberapa kondisi, seperti psoriasis, eksim, dan vitiligo.

Mengurangi Kerusakan Lingkungan

Vitamin D memiliki sifat antioksidan yang dapat menghentikan oksidan lingkungan yang merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

P
Stay Safe Everyone!
P
Beautify Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *