Cara Praktis untuk Menghindari Terjadinya Penuaan Dini pada Kulit

Tetap awet muda adalah impian banyak orang, padahal semakin bertambah usia kulit tubuh pun lambat laun akan mengalami penuaan.

Lantas, langkah apa yang sebaiknya diambil tanpa risiko yang bisa kita terapkan untuk menjaga penampilan kulit wajah dan tubuh agar terhindar dari

“A house is not a home unless it contains food and fire for the mind as well as the body.”

– Benjamin Franklin

Beberapa Cara Menghindari Terjadinya Penuaan Dini pada Kulit

Kenakan Tabir Surya Setiap Hari

Kamu pasti pernah mendengar sebelumnya bahwa paparan sinar matahari adalah penyebab penuaan dini yang utama. Sinar ultraviolet dari matahari akan memecah kolagen dan elastin, zat yang menjaga kulit agar tetap halus dan kencang. Sebaiknya, hindari paparan sinar matahari langsung untuk meminimalisir kerusakan dan kerutan.

Jangan Lupakan Bagian Kaki

“Banyak ditemukan kasus melanoma ganas pada area kaki ,” kata Heidi Waldorf, direktur laser dan dermatologi kosmetik di Mount Sinai Medical Center, di New York City. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu memberikan perawatan yang seimbang untuk kulit tubuh dan wajah.

Pilih Kaca Mata Hitam Dengan Perlindungan UV

Kacamata hitam yang baik mampu membantu mencegah katarak, dan akan membuat matamu tidak menyipit. Namun seiring berjalannya waktu, kacamata tanpa perlindungan UV ternyata dapat menghancurkan kolagen di sekitar mata dan menyebabkan timbulnya keriput.

Berhenti Memencet Jerawat

Sulit untuk menahan keinginan untuk tidak memencet jerawat yang hampir pecah. “Seiring bertambahnya usia, bekas jerawat akan meninggalkan bekas dan kerutan,” kata Grossman. “Jika kamu memiliki jerawat di pipi dekat dengan tempat kerutan terbentuk, itu akan membuat kerutan lebih dalam.”

Hindari Asap Rokok

Jika kamu adalah seorang perokok, berhentilah. Hindari juga paparan kronis asap rokok karena dapat merusak kulit. Menurut Karyn Grossman, dokter kulit di Santa Monica, asap rokok memaparkan radikal bebas yang membuat kulit rusak, menghancurkan kolagen, serta memperlambat kemampuannya untuk kembali ke kondisi semula. Untuk menangkis kerusakan, Grossman menyarankan produk yang mengandung antioksidan, penetralisir radikal bebas. Antioksidan favorit adalah vitamin C, vitamin E, dan teh hijau. Banyak studi juga mendukung kemampuan antioksidan ini.

P
Beautify Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *